Suhu Politik Qatar Memanas, Ini Respons FIFA

By Admin


nusakini.com - FIFA menyatakan pihak mereka terus menjalin komunikasi reguler dengan penyelenggara Piala Dunia 2022 di tengah memanasnya suhu politik Qatar.

Sejumlah negara di antaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir dan Bahrain secara resmi mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin (5/6) waktu setempat.

Arab Saudi menuding bahwa negara tetangga mereka tersebut mendukung gerakan terorisme yang dilakukan sekelompok garis keras yang bertujuan untuk menciptakan konflik di wilayah Timur Tengah.

Butut dari keputusan tersebut, seluruh perbatasan kedua negara baik di darat, laut mau pun udara seketika ditutup, demikian juga dengan negara lainnya yang mendukung keputusan Arab Saudi.

Konflik politik ini membuat adanya pertanyaan mengenai masa depan pembangunan stadion mau pun infrastruktur pendukung lainnya untuk gelaran Piala Dunia 2022, yang tak lain akan diadakan di Qatar.

"FIFA menjalin kontak reguler dengan komite lokal penyelenggara Qatar 2022 dan juga komite tertinggi yang menangani urusan hal-hal berkaitan dengan Piala Dunia 2022," demikian ungkap juru bicara FIFA kepada Omnisport.

"[Hanya saja] kami tak bisa memberikan komentar lebih banyak untuk saat ini [terkait suhu politik Qatar yang kian memanas]."

Sejumlah proyek yang sedang berjalan di Qatar saat ini di antaranya adalah pembangunan sistem kereta api bawah tanah dan juga jalan-jalan baru guna mendukung kelancaran turnamen mendatang. (fft/om)